"Kuntum Khaira Ummatin Ukhrijat Linnas"


Jumat, 05 Maret 2010

Menanti Mutiara OSN dari Kota Tasikmalaya

Kementrian pendidikan nasional terus memberikan angin segar terhadap prestasi anak bangsa yang menjuarai OSN (Olimpiade Sains Nasional). Tak tanggung-tanggung, pemerintah pusat memberikan jaminan bagi siswa peraih emas olmpiade dipentas dunia, melanjutkan kuliah dibiayai Negara hingga program doctoral.

Untuk tahun 2010, pelaksanaan OSN semakin dekat. Namun sayangnya, prestasi OSN untuk Jawa Barat masih kalah jauh dengan daerah lainnya. Geliat OSN belum terasakan secara penuh.

Bagaimana Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya mempersiapkannya ?. Berikut wawancara KIR IQRA SMA Al Muttaqin dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Bapak Drs. H Endang Suherman ,M.Pd. disela-sela acara lomba “Sapta Lomba PAI SD” se-Kota Tasikmalaya , yang dilaksanakan dilingkungan SMP-SMA Al-Muttaqin

Bagaimana Pihak Dinas Pendidikan Menyoroti masalah OSN ?
Kami memberikan sepenuhnya pada pihak sekolah, dilain sisi kami juga mendorong dan selalu memberikan motivasi pada pihak sekolah

Bagaimana Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya menyukseskan OSN?
Pembinaan OSN diserahkan pada pihak sekolah, namun pemerintah Kota Tasikmalaya pernah mengupayakan untuk melakukan kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi negeri ternama., event OSN juga sudah menjadi program Pemerintah KotaTasikmalaya. Kami memfasilitasi siswa dengan adanya klub-klub pelajar dan even yang mendukun seperti LPIR.

Bagaimana pendapat bapak tentang merosotnya prestasi OSN Jawa Barat, khususnya Kota Tasik pada akhir-akhir ini?
Kembali lagi pada pembinaan sekolah masing-masning. Daerah lain juga melakukan pembinaan yang serupa namun mungkin lebih .intensif

Kapan Penyelenggaran OSN ?
Untuk penyelenggaraan OSN menunggu kepastian dari pusat dan kami belum mendapatkan berita.

Adakah jaminan yang akan dinas beri bagi juara?
Untuk jaminan, jangan khawatir karena pemerintah pusat akan memberikan beasiswa misalnya beasiswa berupa biaya hidup yang kami berikan kepada saudara Ade Ilyas yang pernah mendapatkan medali emas OSN, dan sekarang sedang berkuliah di UI.

Pemerintah akan membantu memfasilitasi kemajuan siswa Tasikmalaya yang menjuarai OSN.

Apa Pesan kepala dinas untuk para siswa?
Kepala Dinas memberikan pesan kepada para siswa dan siswi di Kota Tasikmalaya untuk lebih giat lagi dalam belajar, apalagi pada tahun 2012 salah satu program pemerintah adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. OSN adalah salah satu jalan meningkatkan kualitas SDM. Semoga dari Tasikmalaya terlahir juara olimpiade sains tingkat nasional bahkan dunia. (M Arya, Adam Raka KIR IQRA-QSMART SMA Al Muttaqin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar